Definisi Infrastruktur Teknologi Informasi

Secara umum infrastuktur adalah istilah yang berhubungan maknanya dengan “struktur di bawah struktur”. Definisi ini mengimplikasikan adanya perbedaan layer dari struktur yang ada, ibaratnya menyediakan support atau layanan (Robertson, 2001).

Dalam dunia fisik, terminologi infrastruktur mengarah kepada keperluan-keperluan publik, seperti air, gas, pembuangan air, dan layanan telepon. Masing-masing layer infrastuktur memiliki beberapa karakteristik tertentu, yaitu:

  • Pemakaiannya lebih luas dibanding struktur diatasnya (yang didukungnya).
  • Lebih permanen/statis dibanding struktur di atasnya.
  • Terhubung secara fisik dengan struktur di atasnya.
  • Sering diperhitungkan sebagai servis/layanan pendukung.
  • Terpisah dari struktur-struktur yang didukungnya dalam hal lifecycle (plan, build, run, change, exit).
  • Terpisah dari struktur-struktur yang didukungnya dalam hal kepemilikan dan orang-orang yang mengeksekusi lifecyclenya.
  • Dimiliki dan dikelola oleh pihak yang berbeda dari struktur yang didukungnya.

Dengan ilustrasi Gambar infrastruktur TI di atas dapat dijelaskan sebagai struktur yang memberikan layanan dan support terhadap lapisan di atasnya yaitu pengembangan aplikasi. Gagasan untuk memisahkan antara kepemilikan dan siklus hidup infrastruktur dari pengembangan aplikasi, terutama pada tahap desain dan implementasi sistem bisa diterapkan dengan baik. Infrastruktur harus direncanakan dengan matang, sehingga bisa mengakomodasi kebutuhan pengembangan aplikasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>